septic tank

Meskipun secara garis besar Septic Tank BioRich tidak memerlukan perawatan khusus, namun tetap diperlukan perawatan kecil atau sederhana agar fungsi sistem pada septic tank biorich tetap berkerja dengan baik dan tetap maksimal dalam pengolahan limbahnya. Berikut ini adalah cara sederhana untuk merawat septic tank biorich.

  1. Jangan memasukan benda-benda yang tidak bisa diuraikan bakteri pengurai kedalam septic tank, misalnya : pampers, plastik, kertas, putung rokok dl..
  2. Hindari pemakaian cairan pembersih kloset secara berlebihan, karena cairan pembersih kloset dapat membunuh bio bakteri yang ada pada septic tank biorich.
  3. Gunakan air secukupnya saat flashing toilet agar air dalam tangki septic tank biorich tidak overload, karena jika air untuk flashing digunakan terlalu banyak maka pengolahan oleh bakteri pengurai kurang maksimal.
  4. Tambahkan bio bakteri yang disiram melalui kloset secara berkala setiap 1 tahun sekali, fungsinya agar jumlah bio bakteri yang ada pada septic tank tetap banyak dan terus berkembang biak.
  5. Tambahkan tablet disinfectan secara berkala setiap 1 tahun sekali, fungsinya agar air buangan tetap ramah lingkungan dan terbebas dari bakteri patogen.

Cara sederhana diatas dapat membantu septic tank biorich terus bekerja dengan baik, biaya perawatan septic tank yang dikeluarkan juga cukup murah dan jika dihitung anda hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50.000,- untuk 1 tahun sekali dan tentu biaya yang sangat sedikit untuk membuat lingkungan tetap bersih dari pencemaran.