Categories: Artikel

Mengenal Septic Tank Bio dan 4 Kelebihannya

Toilet merupakan salah satu hal fasilitas yang sangat penting yang harus dimiliki setiap bangunan. Pasalnya, toilet digunakan untuk buang air, salah satu aktivitas manusia yang dilakukan setiap harinya. Bahkan karena begitu pentingnya, saat ini juga mulai bermunculan toilet portable atau WC portable di beberapa sudut kota untuk menunjang kebutuhan manusia. 

Apa Itu Septic Tank?

Dalam membangun sebuah toilet, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah instalasi septic tank. Septic tank ialah tempat penampungan limbah yang dapat digunakan untuk menampung limbah pabrik hingga limbah rumah tangga khususnya yang berasal dari kloset.

Karena memiliki fungsi utama untuk menampung limbah, maka septic tank harus dibuat dari bahan yang kedap air, sehingga air limbah tidak mudah keluar dan mengakibatkan pencemaran air tanah. Selain itu, septic tank juga harus terbuat dari bahan yang kedap bau, agar bau dari limbah tidak dapat dicium oleh pengguna.

Septic tank memiliki beberapa bagian. Yaitu tangki penyimpanan limbah, biofilter, dan tangki penyimpanan air bersih atau yang biasa disebut dengan “sumur resapan”. Pada umumnya, septic tank dibangun di dalam tanah dengan tujuan untuk menghindari bau busuk dari dalam tangki.

Apa Itu Septic Tank Bio ?

Septic Tank BIORICH atau yang sering disebut septic tank bio atau biotech merupakan salah satu jenis septic tank yang kini mulai dipakai untuk menggantikan septic tank konvensional. Berbeda dengan septick tank konvensional yang terbuat dari batu bata atau  beton, septic tank biorich terbuat dari fiber. Sehingga dinilai lebih tahan lama dari septic tank konvensional.

Ada beberapa kelebihan dalam menggunakan septic tank bio. Di antaranya:

1. Menurunkan Resiko Tercemarnya Air Tanah

Salah satu permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh septic tank konvensional adalah terjadinya kebocoran. Hal ini biasanya terjadi karena air limbah merembes melalui celah-celah dinding batu bata atau beton, yang akhirnya dapat keluar dan mencemari air tanah. Berbeda halnya ketika menggunakan septic tank bio. Karena terbuat dari fiber, maka air limbah tidak akan merembes keluar dan mencemari air tanah.

2. Air Buangan Tidak Berbau

Septic tank bio dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menyaring air limbah lebih baik daripada septic tank konvensional. Sehingga, meski limbah tersebut dibuang, tidak akan menimbulkan bau yang menyengat. Selain itu, air limbah hasil saringan dari septic tank bio cenderung lebih bersih. Sehingga, septic tank ini dinilai lebih ramah lingkungan daripada septic tank konvensional.

3. Tidak Mudah Bocor.

Septic tank bio dibuat dengan bahan fiber. Bahan ini dipilih karena memiliki karakteristik yang tebal, kuat, dan tidak dapat menyerap air. Sehingga, septic tank bio dinilai lebih tahan lama dan tidak mudah bocor. Bahkan, bahan fiber yang digunakan akan tetap kuat dan tahan lama meskipun dipendam di dalam tanah, bahkan dalam waktu yang lama sekalipun. Apabila terjadi kelebihan kapasitas, maka septic tank bio secara otomatis akan membuang limbah berlebih melalui selokan. Karena hasil limbahnya tidak berbau, maka Anda tidak perlu khawatir dengan pencemaran.

4. Bentuk yang Ringkas dan tersedia berbagai ukuran

Septic tank bio dibuat dengan bentuk yang terbilang cukup ringkas, bahkan dapat dikatakan lebih ringkas daripada septic tank konvensional.

Bagian-bagian di dalam septic tank bio adalah satu tempat penampungan air kotor, dua biofilter media, satu tempat penampungan endapan, dan satu tempat penampungan air bersih. Sehingga, penggunaan septic tank bio membutuhkan lebih sedikit ruang ketimbang septic tank konvensional.

Selain itu, bentuk dari septic tank bio juga dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Karena memiliki bentuk yang beragam, maka penempatan septic tank bio tidak harus dipendam di dalam tanah. Bisa juga ditaruh di atas tanah apabila tidak memungkinkan untuk menggali tanah. Meskipun demikian, bau limbah tidak akan keluar sehingga aman jika ditempatkan di dekat rumah.

Demikian penjelasan singkat mengenai septic tank bio dan beberapa kelebihannya. Dengan mempertimbangkan beberapa hal tersebut, maka diharapkan untuk mendapatkan septic tank bio dengan kualitas terbaik yang dapat digunakan hingga dalam kurun waktu seumur hidup.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Septic Tank BIORICH dapat dilihat di https://www.suryafibertek.co.id/

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kelebihan Pakai Biotank, BIORICH Salah Satu yang Direkomendasikan

Banyak cara yang dapat dipakai untuk pengolahan air limbah, apalagi untuk limbah cair domestik yang…

2 years ago

Ground Tank – Tangki Tanam / Tangki Pendam

Ground Tank adalah wadah untuk penyimpanan air baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Ground…

2 years ago

Produsen IPAL Medis, IPAL Domestik, IPAL Industri, Dan Lain-Lain

IPAL BIORICH - IPAL MEDIS - IPAL Domestik - IPAL Industri - Dan Lain-Lain Sebagai…

2 years ago

Harga Toilet Portable – WC Portabel Murah

Dalam kehidupan manusia tentunya sangat memerlukan sebuah tempat yang di fungsikan untuk membuang hajat. Dengan…

4 years ago

Atap Fiberglass

Atap Fiberglass atau dikenal sebagai atap transparan penerangan merupakan atap yang dibuat dari bahan serat…

4 years ago

IPAL BIORICH – Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik

Instalasi pengolahan air limbah atau yang biasa dikenal IPAL merupakan sebuah instalasi sistem yang terstruktur…

4 years ago